Senin, 01 Oktober 2012

Apakah Benar Rumor-rumor mengenai Jepang di Twitter?



“Taka, twit ini benar?” Sejak bergabung di twitter, sudah lumayan banyak teman yang bertanya pada saya tentang rumor-rumor mengenai Jepang di twitter. Di antara twit-twit tersebut ada yang benar, ada yang tidak, dan ada juga yang membuat saya pusing (karena apa? Untuk alasannya, silakan baca artikel-artikel selanjutnya ya, teman-teman!). Bagaimanapun juga, ternyata banyak rumor mengenai Jepang berkembang di Twitter, dan twit-twit tersebut relatif sering di-Retweet.

Namun sayangnya, hampir semua twit tersebut tidak disertai rujukan apa pun. Meskipun memang ada pembatasan jumlah karakter sebagai salah satu alasannya, tetapi sepertinya para admin akun twitter seperti itu sama sekali tidak berniat membuktikan rumor-rumor yang sudah mereka twit selama ini (karena itu saya menyebutnya “rumor”). Jadi, wajar saja kalau teman-teman merasa bingung ketika melihat twit-twit tersebut: “apakah benar twit ini?”

Nah, untuk teman-teman yang merasa bingung, saya akan menjelaskan tentang rumor-rumor tersebut! Berikut ini beberapa contoh twit mengenai Jepang di twitter. Menerut teman-teman, apakah benar twit-twit di bawah ini?

Rumor-rumor mengenai Jepang di Twitter
[1] (198 RT / 17 Fav)
Tidak ada huruf "L" dlm pelafalan Bahasa Jepang, Bahasa Jepang mengganti pelafalan menjadi "R" utk kata-2 serapan yg mengandung huruf "L". -->Benar?

[2] (204 RT / 10 Fav)
Untuk menghentikan fenomena bunuh diri di Jepang, maka setiap keluarga yang anggotanya mati bunuh diri, dikenakan denda sebesar 100 juta Yen.-->Benar?

[3] (216 RT / 7 Fav)
Di Jepang kuno, ada kontes publik diadakan untuk mendengar siapa yang bisa kentut paling keras dan paling lama, itulah juaranya. -->Benar?

[4] (256 RT / 13 Fav)
Di Jepang ada hari khusus tempe, di mana pada satu hari tersebut seluruh masyarakat wajib memakan tempe.

[5] (184 RT / 7 Fav)
Di Jepang ada kompetisi makan tinja, silahkan google sendiri, admin tidak berani lampirkan foto

Hmm... benar nggak, ya?

(Bersambung)

8 komentar:

  1. Halo taka san .. O genki desuka ..
    wah nih artikel ke 4 yang saya baca .. mudah-mudahan saja Taka tidak bosan lihat nama saya di kolom komentar .. hehhehe ..
    Rumor no [7] sih pernah saya baca juga di buku belajar bahasa jepang, tapi saya lupa judul dari bukunya
    tapi kalau tidak salah yang di tulis di buku itu "tidak boleh mengucapkan salam lebih dari 1 kali kepada orang yang sama" .. kira-kira menurut Taka sendiri bener tidak ya tulisan di buku itu ? ..
    Sedangkan yang no [8] kayaknya benar .. saya pernah bacah tentang perayaan keagamaan di jepang dan hampir semua artikel yang saya baca isinya sama semua (kalau di jepang hari raya keagamaan tidak ada liburnya) tapi pemerintah tidak melarang bagi mereka untuk Merayakan hari raya keagamaannya ..
    kalau Rumor - Rumor yang lain baru saya dengar ..
    yang paling Aneh tuh yang makan tinja .. dan saya rasa itu impossible ..

    BalasHapus
  2. Wah masa bosan, kalau ada yang menarik di artikel blog ini, kapan saja silakan tinggalkan komentar ya!Oiya apakah rumor-rumor di atas benar atau tidak, akan saya bahas di artikel selanjutnya. Silakan datang lagi ya~:D

    BalasHapus
  3. Makasih taka san .. di tunggu artikel selanjutnya ..
    Oh ia kalau saya Riquest artikel dari taka san bisa gk ya ..??
    *berharap jawaban taka san IA BISA* ..

    BalasHapus
  4. Yup, silakan tinggalkan pesan ya kalau ada Request tentang artikel blog ini. Kalau bisa, saya akan berusaha menulis artikel berdasarkan Request tersebut (walaupun saya belum bisa janji "pasti menulis"...):D

    BalasHapus
  5. Kalau soal semangka bentuk kubus, ak pernah nonton di NHK Taka san!
    Katanya dibuat kotak biar bungkusny lebih mudah. Hahaa :D

    BalasHapus
  6. Yup makasih komentarnya, nanti aku akan membahas satu persatu rumor-rumor di atas ya!:D

    BalasHapus
  7. hahaha... rumor tentang jepang di twitter aneh2 aja... aku lihatnya sih ada yang percaya & ada yang tidak.
    Artikel2 blog Anda sangat menarik, jadi betah bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tapi apa boleh buat, pengguna twitter biasanya lebih suka twit yg aneh2 daripada yang biasa. Kecenderungan spt ini sama sekali tidak berbeda, baik di Indonesia maupun di Jepang:D

      Hapus

Pengikut