Jumat, 01 Maret 2013

Jadi, Berapa Orang yang Meninggal dalam Detektif Conan?


Selama bulan Februari ini, saya super sibuk. Setiap hari membaca, membaca, dan membaca. Kalau ada waktu luang, hampir semuanya dihabiskan untuk membaca. Walaupun kadang-kadang saya sempat  berpikir dalam hati, “aku lagi ngapain ya? aku kan udah om-om, ngapain juga aku baca kayak ginian...”, tapi saya tidak menyerah dan terus membaca. Setiap hari selama sebulan, saya membaca Detektif Conan dan menghitung jumlah orang yang meninggal dalam komik itu.


Saya melakukan ini karena terinspirasi dari sebuah video di Youtube. Menurut video yang berjudul “Aku coba menghitung jumlah orang meninggal dalam Detektif Conan” itu, sampai pada tahun 2010 ternyata sudah 754 orang yang meninggal dalam Detektif Conan. Perinciannya adalah: 399 orang dalam komik sampai seri ke-68, 288 orang (kecuali orang yang sama dengan komik) dalam anime sampai episode ke-574, dan 67 orang dalam movie sampai seri ke-14. Selain itu, jumlah korban dalam kasus pembunuhan yang Conan Edogawa pecahkan telah mencapai 315 orang (sekitar 42% dari jumlah keseluruhan orang yang meninggal).

"Aku Coba Menghitung Jumlah Orang Meninggal dalam Detektif Conan"

Super sekali, usaha yang luar biasa. Memang saya benar-benar kagum pada orang yang membuat video itu, tapi di sisi lain, saya merasa sedikit aneh juga: bukankah angka 399 orang itu agak terlalu banyak? 399 orang meninggal sampai pada seri ke-68, ini berarti sekitar 6 orang meninggal per serinya. Walaupun saya sudah lama tidak membaca komik Detektif Conan, tapi seingat saya jumlah orang meninggal dalam komiknya tidak sebanyak itu. Apakah benar jumlahnya sebanyak itu? Maka dari itu, saya mulai membaca komik Detektif Conan untuk pertama kalinya sejak 10 tahun.

Lalu kemarin, perjuangan saya yang berliku dan berat itu akhirnya selesai juga. Dengan menghitung sendiri jumlah orang yang meninggal dalam Detektif Conan, saya baru mengerti dari mana angka 399 orang itu didapat. Wajar saja kalau jumlahnya kelihatannya banyak, karena orang yang meninggal sebelum Conan tiba di TKP juga termasuk dalam angka itu (misalnya, kakek yang meninggal karena penyakit atau korban pembunuhan 10 tahun yang lalu, dll). Oleh karena itu, angka 399 orang itu memang benar. Inilah hasil usaha saya selama sebulan ini… Sekian dan terima kasih.

Ngomong-ngomong…

Jumlah Orang Meninggal dalam Komik Detektif Conan (Versi Saya)

Pada kesempatan ini, saya mencoba membuat 3 statistik mengenai komik Detektif Conan: jumlah orang meninggal dalam komik versi saya, jumlah penampilan terbanyak per karakter, dan jumlah pertemuan dengan mayat per karakter. Kalau ada kesempatan, saya akan menulis artikel tentang Detektif Conan menggunakan ketiga statistik tersebut:D

19 komentar:

  1. haha.. taka ikut menghitung nih? ga bingung tuh, kalau saya sih malah jadi pusing. Belum lagi kalau lupa jumlahnya.. hahaha.. maklum pikun :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cape menghitung jumlahnya. Bulan ini saya pengen baca komik yang lain hehehe:p

      Hapus
  2. Halao Kang Taka.. otsukaresama. Sampai sejauh itu menganalisa orang yang mati dalam detektif conan.Salut saya. saya juga penggemar komik Conan, tapi ngak pernah peduli sama yang seperti itu. Jadi saya keget juga jumlah orang yang meninggal sebegitu banyak... Terima kasih infonya kang.

    Joko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya terima kasih atas komentarnya, mas Joko^^ Kalau ada kesempatan, saya ingin membahas sekali lagi tentang tema itu berdasarkan statistik yang saya buat:D

      Hapus
  3. otsukaresamadeshita taka-san..sugoi~
    saya juga salah satu penggemar manga detektif conan,,tapi gak pernah terpikir buat menghitung jumlah korban di manga tersebut. Salut sama om taka. Saya tunggu artikel kelanjutannya \(^.^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih dewi^^ Iya bahannya sudah ada, tapi masalahnya adalah bagaimana "memasak"nya *sedikit pusing* Doakan saya ya semoga saya bisa menulis artikel tentang Detektif Conan lagi:D

      Hapus
  4. buset Taka-san niat banget xDDD otsukaresama deshita~~

    BalasHapus
  5. mas Taka...kalo di Jepang komik detektif Conan sampai seri berapa sih?suka penasaran kalo lihat di toko buku di sini, kagak tamat-tamat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha oiya saat ini seri ke-78:D

      Hapus
  6. Seri ke-78 itu..sudah mau tamat belum??? haaaaaa duhhhh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum, mungkin kita harus nunggu sampai seri ke-100 kalau kita pengen baca cerita terakhirnya hehehe

      Hapus
  7. kapan ya tamatnya komik ini? aoyama sensei masih ada kan?

    BalasHapus
  8. Hahaha. Mau ketawa deh. Hebat *tepuk tangan Prok prok prok!!
    kalau saya kasih soal lagi bagaimana?

    berapa tokoh yang muncul di Komik Detektif Conan dari seri pertama sampai seri sekarang?
    adakah yang mau berhitung? saya kasih keringanan pakai kalkulator deh hahaha.

    BalasHapus
  9. Ya ampun. Sampe segitunya ngitung ginian .__.
    tapi salut deh Taka-san :D

    waktu luangnya cukup banyak ya :D hehe
    *kabur*

    BalasHapus
  10. Banyak juga tumbal yang dibutuhin Shinichi Kudo buat balik ke tubuh asalnya LOL

    BalasHapus
  11. saya baru baca komik DC ini dari awal lagi,, tapi gak kepikiran buat ngitung jumlah org yang mati.. hahaha... tapi ini keren.!

    BalasHapus
  12. saya juga penggemar berat komik conan,, dan saya gak kepikiran sampai kesana,, salut sama mas taka...

    BalasHapus
  13. pada demen sama manga conan yah hehe
    emang bagus si ceritany
    tapi aku lebih demen sm movie nya haha :)

    BalasHapus

Pengikut