Selasa, 21 Februari 2012

Festival Salju Sapporo 2012 – Festival Musim Dingin Terbesar di Jepang


Pada awal Februari ini, sebuah festival musim dingin telah digelar di kota Sapporo*, Jepang. Di festival bertajuk "Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri)" ini, ada banyak patung salju dan pahatan es yang mewarnai berbagai tempat di kota Sapporo, dan memukau mata para pengunjung.

*Sapporo adalah ibu kota Prefektur Hokkaido dan merupakan kota terbesar ke-4 di Jepang (jumlah penduduknya sekitar 1.9 juta orang). Hokkaido, pulau yang terletak di paling utara Jepang ini dikenal sebagai salah satu daerah bersalju tebal.



Festival Salju Sapporo adalah salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang, yang diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1950. Beberapa tahun terakhir, lebih dari 2 juta wisatawan dari dalam dan luar negeri mengunjungi Sapporo untuk menyaksikan festival ini. Selama festival ini berlangsung, lebih dari 200 patung salju dan pahatan es ditampilkan di kota Sapporo. Sebagai bagian dari acara tersebut, diadakan pula Kontes Patung Salju Internasional.


Atraksi utama di Festival Salju adalah patung-patung salju raksasa yang tingginya mencapai lebih dari 15 meter. Pada festival kali ini, 7 patung salju raksasa dibuat berdasarkan berbagai tema yang menarik, yaitu Akuarium Salju, Taj Mahal (warisan dunia di India), Istana Aizu Tsuruga (Fukushima, Jepang), Toriko & One Piece (komik atau animasi Jepang), National Palace Museum (Taiwan), dll.




Pembuatan patung-patung tersebut tidak hanya dilakukan untuk menyenangkan para turis, tetapi juga bertujuan untuk pertukaran kebudayaan. Misalnya, patung salju Taj Mahal dibuat dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan bilateral India-Jepang. Selain itu, patung salju National Palace Museum (Taiwan) dibuat untuk mengenang hubungan baik Taiwan dengan Jepang, sekaligus sebagai ucapan terima kasih karena Taiwan telah memberikan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Fukushima dalam jumlah yang cukup besar pada tahun yang lalu (jumlahnya lebih dari dua triliun rupiah!!).

Pada Kontes Patung Salju Internasional, 19 tim dari berbagai negara dan kawasan di dunia termasuk Indonesia*, menampilkan patung-patung salju yang menarik dan mewakili ciri khas masing-masing negara. Tim Indonesia membuat patung salju seorang wanita yang tengah menenun cual. Cual adalah kain tenun seperti songket yang digunakan sebagai pakaian tradisonal para wanita di Muntok, kota kecil di Kabupaten Bangka Barat. Tim Indonesia ingin memvisualisasikan kekuatan wanita dengan patung ini.

*Daftar negara dan kawasan yang mengikuti acara ini sebagai berikut: Amerika Serikat, Chili, Finlandia, Hawaii, Hong kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Lituania, Malaysia, Rusia, Selandia Baru, Singapura, Swedia, Taiwan, Thailand.



Nah selain acara-acara tersebut, tentu saja masih ada banyak hal yang menyenangkan di Festival Salju Sapporo. Festival Salju ini akan diadakan kembali tahun depan pada tanggal 5 hingga 11 Februari 2013. Jika ada kesempatan untuk berkunjung ke Jepang pada musim dingin, silakan datang ke Sapporo dan nikmati Festival Salju!

Semua foto di artikel ini diambil oleh penulis.

Homare Sawa, Pemain Sepak Bola Wanita Jepang
 

Hatsune Miku (kiri) dan Crayon Shin-chan (kanan)

Lapngan Anak-anak


Pahatan-pahatan Es
 

 

Patung-pantung Salju Kecil
  

  

 

 

 
Semua Foto di artikel ini diambil oleh penulis.

Artikel Terkait:
Festival Salju Sapporo 2013 - Menikmati Festival Musim Dingin Terbesar di Jepang

25 komentar:

  1. Wah...saya tertarik ada warga Jepang yang menyukai bahasa Indonesia dan Iwan Fals XD bagus sekaliiiii >< saya sangat suka blog milikmu :)

    BalasHapus
  2. Halooo makasih banyak ya komentarnya^^ Hehehehe iya saya suka sekali sama Indonesia dan Bang Iwan Fals. Salam kenal, main ke sini kapan saja ya~ Ami (^o^)/

    BalasHapus
  3. Saya warga indonesia yang sangat tertarik dengan jepang, saya ingin menulis sebuah novel yang lokasinya berada di jepang. Bisakah anda membantu saya memberika informasi mengenai jepang? Saya sangat tertarik dengan jepang (>,<)

    BalasHapus
  4. Halo Tasya, terima kasih banyak atas komentarnya. Tadi saya sudah membalas komentarnya lewat email. Silakan baca emailnya dulu ya:)

    BalasHapus
  5. Karuni Sutengsu4 Juni 2012 14.03

    Blogmu rme yah,. Saya baca semua tulisan.a..
    Ekhm,.. boleh gg minta tulisan tentang musik" di Jepang,.
    Saya tertarik sama musik" di Jepang
    Mungkin gara" saya fans.a L'Arc~en~Ciel yah..--"

    BalasHapus
  6. Karuni,
    Iya terima kasih ya sudah baca artikel saya. Selama ini sudah banyak teman yang memberikan komentar di blog ini. Karena ada mereka, sampai saat ini saya bisa terus menulis artikel.
    O ya, tentang Visual-kei ya. Oke kalau ada bahan materi artikel tentang mereka, saya akan coba ya:)

    BalasHapus
  7. ini nih yang aku suka dari jepang. Jatuh cinta banget sama jepang. pengen ke jepang tapi biaya mahal ya kesana.

    BalasHapus
  8. Wah bagus sekali. Saya jadi tertarik ingin menonton festival salju ini. Tidak ada disiarkan di Televisi ya?
    Salam kenal dari Uwan yang juga suka Iwan Fals

    BalasHapus
  9. Sheila,
    Halo makasih ya komentarnya^^ Wah saya senang sekali kalau Sheila suka Jepang (dan blog ini juga hehehe). Iya saya akan menulis artikel blog ttg Jepang lagi. Kalau ada waktu, kapan-kapan main ke blog saya lagi ya~:D

    BalasHapus
  10. Halo Uwan, makasih ya komentarnya. Wah saya senang sekali bisa berkenalan dengan penggemar Bang Iwan Fals, salam kenal juga ya~:D o ya kalau di Jepang, kayaknya festival ini lumayan banyak disiarkan di acara berita TV.

    BalasHapus
  11. saya tunggu tulisan berikutnya,,budaya Jepang tak kalah menarik dari ndonesia :)

    BalasHapus
  12. Whuaaaa saljuuuu,,,yuki o mitai desu :(
    tdk ada salju di Indonesia :'(
    Takasan doakan aku semoga tahun dpn bs lihat salju di festival salju sapporo ^^

    BalasHapus
  13. Iya festival ini kebetulan diadakan di dekat tempat saya. Semoga Willa bisa ke Jepang dan lihat salju ya~:D

    BalasHapus
  14. Amin, mudah2an ada uang untuk terbag k sapporo :D tunggu aku disana yaaa hahahaa

    BalasHapus
  15. Woaw!!! ada Monkey D. Luffy kesukaan sayaa XD!! sepertinya saya harus ke sana ^^

    BalasHapus
  16. Hehehe makasih ya komennya^^ Ayo datang saja ke Jepang, pasti Luffy menunggumu!:D

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  18. Nihon bener2 beautiful ... aduhhh ... kapan gw ke sana yk .. ~__~" ..

    BalasHapus
  19. Marss,
    Wah saya juga pengen ke Indonesia lagi hehehehe:D

    BalasHapus
  20. pengen bgt ke situ, boleh mampir kerumah mu gak ya, kl ke jepang? hehe..

    BalasHapus
  21. Nanu,
    Hahaha kalo gitu, harga penginapannya semalam satu bungkus indomie goreng aja ya:p

    BalasHapus
  22. salut deh buat anda menyukai musisi indonesia dan mempelajari bahasa indonesia...
    saya pun dari indonesia tpi saya suka jepang karena anime, musik dan movie ..
    hehehhehe
    douzo yoroshiku onegai shimasu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai yoroshiku juga. Iya saya senang sekali, bisa kenal dengan pecinta Jepang dari Indonesia. Kapan-kapan silakan main ke blog saya lagi:D

      Hapus
  23. Salut buat anda, selain pandai menulis ternyata anda juga sangat mahir berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

    Ada baiknya pemerintah Indonesia mempekerjakan anda sebagai guru bahasa Indonesia di sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya. Saya akan berusaha untuk belajar bahasa Indonesia supaya bisa menulis artikel yang lebih menarik:D

      Hapus

Pengikut