Rabu, 28 Desember 2011

Bento dan Nasi – Aktivitas Pagi Saya


Aktivitas pagi saya dimulai dengan "Bento", lagunya Bang Iwan Fals. Setiap pagi begitu bangun, saya langsung memutar kasetnya. Lalu teriak "AAASYIIIKKK!!!" sekeras-kerasnya seiring dengan suara Bang Iwan. Teriak sekali, dua kali, tiga kali… sampai lagunya selesai diputar, semangat saya selalu memuncak.

Setelah itu saya baru sarapan. Menu sarapan saya tidak begitu banyak berubah sepanjang tahun, yaitu nasi dan lauk pauk. Misalnya, menu sarapan hari ini adalah nasi, sup miso, ikan bakar dan sayur-sayuran. Kalau makan nasi, saya menjadi bersemangat lagi karena saya merasa tidak enak kalau makan tanpa nasi.

Supaya semangat belajar atau bekerja, saya tidak pernah absen untuk melakukan kedua RITUAL ini (kecuali waktu bangun kesiangan hehehe :P). Bento dan nasi, keduanya tetap menjadi sumber daya hidup bagi saya dari dulu sampai sekarang dan selanjutnya.

NGOMONG-NGOMONG...

Awalnya, saya akan mengangkat Sup Miso (Misoshiru/味噌汁) sebagai tema artikel selanjutnya. Karena, masakan ini sangat akrab dengan kehidupan orang Jepang dan saya kira masih belum dikenal baik di Indonesia. Tetapi ternyata, di Wikipedia Indonesia sudah dimuat artikel yang lumayan panjang mengenai sup miso. Sejauh yang saya baca, penjelasannya sudah cukup teliti dan tepat, sehingga saya merasa tidak perlu menambahkan penjelasan lagi di blog ini.

Mengenai Sup Miso: http://id.wikipedia.org/wiki/Sup_miso

Mmmmm... saya jadi agak bingung. Sebenarnya bagaimana menurut teman-teman, apakah sup miso sudah dikenal di Indonesia? Kalau tidak, masakan Jepang apa yang terkenal di Indonesia?

Kalau masakan Indonesia di Jepang, menurut saya, nasi goreng lumayan terkenal sampai-sampai ada "bumbu nasi goreng" yang dijual di sini :D

Artikel Terkait:
Cara Melamar Gadis Ala Jepang!? - "Aku Ingin Makan Sup Miso yang Kau Buat Setiap Pagi"

10 komentar:

  1. Hai, tak sengaja ketemu blog ini, ternyata ada juga ya orang jepang suka lagu Iwan Fals. Apakah anda asli orang jepang atau keturunan? Apakah anda juga bisa berbicara aktif dalam bahasa Indonesia? Dari mana anda belajanya?
    Ok met kenal ya.

    BalasHapus
  2. Budi,
    Wah terima kasih banyak atas komentarnya^^ Iya saya orang Jepang asli. Saya mulai belajar bahasa Indonesia saat kuliah di Jepang dan pernah belajar di Indonesia walaupun hanya setahun. Setelah lulus universitas, jarang ada kesempatan untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam sehari-hari, tapi saya masih tetap belajar bahasa Indonesia. Jadi, tidak masalah bagi saya tentang percakapan sehari-hari dalam bahasa Indonesia (walaupun kalau dalam tulisan, banyak yang salah atau aneh hahaha). Ya sekian dulu, salam kenal juga.
    O ya silakan panggil saya Taka saja biar lebih akrab^^

    BalasHapus
  3. SECRET: 0
    om.. bagus
    it.s nice :D

    BalasHapus
  4. Wah makasih banyak ya komentarnya, silakan datang lagi ya:)

    BalasHapus
  5. iya saya penasaran kenapa nasi goreng terkenal sekali ya oleh orang2 Jepang?
    beberapa artis Jepang yg datang kesini setiap ditanya apa makanan Indonesia favoritnya jawabannya seragam yaitu nasi goreng, hahahaha....

    BalasHapus
  6. klo lagi iseng mungkin bisa dicari tau om...soalnya terus terang saya penasaran banget apa yang membuat orang2 Jepang begitu tertarik dengan nasi gorengnya Indonesia?
    soalnya siapa tau klo suatu saat saya bisa ke jepang, lalu bisnis jualan nasi goreng sepertinya bisa laku disana hahaa xD

    BalasHapus
  7. taka nanya dong? ehm maaf ya agak privacy pertanyannya, tapi aku pengin tahu hehe
    jadi gini, kamu beragama apa? maaf ya kalo saya nanya nya lacang ><

    BalasHapus
  8. di indonesia masakan jepang yang terkenal hm.. mungkin takoyaki hehe *karena aku suka banget sama takoyaki hehe

    BalasHapus
  9. Jadi salut ada orang jepang yg bagus banget berbahasa indonesianya. 😊

    BalasHapus

Pengikut