Minggu, 16 Oktober 2011

JKT48 dan AKB48 - Grup Idola Wanita Indonesia dan Jepang


Teman-teman, apakah pernah mendengar nama JKT48? Sebenarnya saya sendiri baru kemarin mengenal nama itu dari sebuah artikel di surat kabar Jepang.

Menurut artikel dari Yomiuri Shimbun (surat kabar nasional terbesar di Jepang) versi web pada 11 September lalu, JKT48 adalah nama grup idola asli Indonesia dan sekaligus 'saudara kembar' AKB48 (grup idola Jepang) yang pertama di luar negeri. Nama “JKT” itu diambil dari kata "Jakarta", tempat asal grup itu.

Audisi akan diadakan di Jakarta pada bulan ini, kata perusahaan manajemen grup itu. Persyaratan audisi adalah sebagai berikut: perempuan berusia 13 – 18 tahun yang merupakan WNI dan batas waktu pendaftaran audisi itu sampai tanggal 16 bulan ini. Hasil audisi akan diumumkan pada awal bulan Oktober dan mereka yang lulus audisinya akan mengadakan debut di akhir tahun ini.

Sumber: http://www.yomiuri.co.jp/entertainment/news/20110911-OYT1T00414.html

Sejauh yang saya tahu, audisi mengenai Jepang seperti ini baru pertama kali diadakan di Indonesia. Terus terang, saya sendiri kurang tahu (dan agak khawatir) apakah proyek semacam ini akan disambut baik di Indonesia atau tidak karena ada perbedaan agama dan kebiasaan dengan Jepang. Tetapi bagaimanapun juga, saya merasa senang jika akan bertambah peminat Jepang di Indonesia lewat JKT48 ini :D

Situs Resmi JKT48: http://www.jkt48.com/


NGOMONG-NGOMONG…

Kebanyakan teman-teman dari Indonesia belum mengenal AKB48, kan? Berikut ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang mereka secara singkat.

Sekarang, AKB 48 bisa dikatakan sebagai grup idola perempuan yang paling nge-TOP di Jepang. Sejak dibentuk pada Desember 2005, grup ini sedikit demi sedikit meraih popularitas di kalangan remaja (dan entah kenapa sebagian dari om-om juga menjadi penggemar FANATIK-nya…). Sehingga, saat ini mereka sudah menjadi idola yang layak disebut sebagai "idola nasional" di Jepang.

Nama AKB itu berasal dari Akihabara, sebuah kota barang elektronik sekaligus kota Anime dan Manga (komik), surganya Otaku* di Tokyo karena mereka debut di kota itu. Angka "48" itu, menurut produsernya, "sekadar angka barang, jadi tidak ada arti tertentu".

*Dalam bahasa Jepang, Otaku berarti orang yang sedang tergila-gila pada hobinya sendiri, terutama hobi terkait dengan Anime atau Komik.

Sumber: http://ja.wikipedia.org/wiki/AKB48


Ini salah satu lagu AKB48 yang paling terkenal. Judulnya adalah "ヘビーローテーション (Heavy Rotation*)" dan dapat disingkat sebagai "ヘビロテ (hebirote)".

*Saya kurang tahu apakah judul ini adalah bahasa Inggris ala Jepang atau tidak, seperti istilah MBA (Married By Accident) di Indonesia. Namun, kata "ヘビーローテーション (Heavy Ratation)" ini sekarang lazim digunakan di Jepang dalam arti "berulang-ulang memutar lagu" atau "sering memakai (terutama, untuk pakaian)".

9 komentar:

  1. Konnichiwa taka san ... kayaknya kekhawatiran kamu meleset .. karna malah progres jkt48 disambut baik di indonesia .. malah dengan adanya jkt48 nama Akb48 pun ikut dikenal di sini ... banyak yang lagi menunggu Akb48 untuk tampil lg di Jakarta loh ..

    BalasHapus
  2. Halo, wah iya syukur kalau kegiatan mereka berjalan lancar di Indonesia. Seperti yang saya tulis di artikel ini, "saya merasa senang jika akan bertambah peminat Jepang di Indonesia lewat JKT48":D

    BalasHapus
  3. Halo taka ....

    boleh kan aku minta tolong, kalau seandainya tim dari AKB48 konser di indonesia untuk pertama kalinya, boleh kan....?
    coba bilang ke teman-temannya lainnya biar di dukung :)
    kalau tidak bisa, ya tidak apa-apa juga :D

    eh, ngomong2 tentang AKB48, kan Matsui Jurina termasuk dalam anggota AKB48. Walaupun group aslinya dari SKE48!
    katanya dia sedang sakit ya??
    coa kabarkan kepada kami di indonesia ...
    #arigatou... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf, terus terang saya tidak begitu banyak tahu tentang mereka...^^; Tapi saya juga berdoa semoga mereka selalu sukses:D

      Hapus
    2. AKB48 pernah konser di jakarta, malah sekarang ada 1 anggotanya yang untuk sementara waktu pindah ke group JKT. namanya aki takajo. udah muncul tuh wajahnya di iklan pocari sweat. coba baca di tokyohive.com disana banyak informasi tentang selbritis jepang termasuk matsui jurina, AKB, SKE, dll.
      maaf ya, saya bukan penggemar AKB, dan lainnya, saya hanya suka baca artikel2, informasi tentang negara jepang termasuk artis2nya.

      Hapus
    3. Baiklah terima kasih, penjelasannya lengkap!:D

      Hapus
    4. jangan lupa, haruka nakagawa juga anggota AKB48 yang di transfer ke jkt48 >.< jadi tidak cuma aki takajo :'(

      Hapus
  4. Taka-san jangan kasih tau yg lain yah! aku itu Oi tapi juga wota loh!;)

    BalasHapus
  5. Taka-san,artikelnya keren, bahasa Indonesianya lancar banget :D
    Saya juga lumayan suka lagu-lagunya JKT48,soalnya bikin semangat lagi, ahaha.Btw, temen sekelas saya ada juga yang ngefans sama JKT48!

    BalasHapus

Pengikut