Jumat, 01 Februari 2013

Inilah Masakan Cowok Jepang! (3) - Takoyaki (Bola-bola Gurita ala Jepang)


Sekali kali posting tentang cara bikin makanan Jepang kayak okonomiyaki atau takoyaki donk taka-san :)
Saat menulis artikel tentang tahu isi yang saya masak, saya menerima komentar di atas dari seorang teman. Wah okonimiyaki dan takoyaki, bagus juga idenya. Kabarnya kedua masakan tersebut, terutama Takoyaki, akhir-akhir ini mulai dikenal namanya di Indonesia. Cara memasaknya juga sebenarnya sangat mudah. Beruntung ada wajan takoyaki di rumah saya. Baiklah, malam ini saya akan memasak takoyaki!

Takoyaki adalah salah satu masakan ringan terpopuler di Jepang. Saat ini, gerai atau kios masakan yang berasal dari Osaka, salah satu prefektur di daerah Kansai, ini bisa dijumpai di mana-mana di seluruh Jepang (misalnya di festival tradisional Jepang, 100% ada kios takoyaki). Dalam bahasa Jepang, kata “Tako” dari takoyaki berarti “gurita” dan “Yaki” artinya “bakar / panggang”. Bahan dan cara memasaknya adalah sebagai berikut:

Bahan Takoyaki (untuk 50 buah)
Daging gurita (200g)
Bahan A = Daung bawang (100g), Kol (300g), Beni shōga/Jahe merah (50g).
Bahan B = Tepung terigu (300g), Dashi/kaldu dasar ala Jepang (800ml), 2 butir telur.
<Orang Osaka suka bilang, “jangan pake kol ya saat masak takoyaki!”, tapi saya yang orang Hokkaido tak peduli apa kata mereka:p>

Wajan Takoyaki untuk Kompor Gas (Kanan)

Cara Memasak
1. Potong bentuk dadu daging gurita dan potong kecil-kecil bahan A.
2. Campur bahan A yang telah dipotong sampai rata.
3. Campur bahan B, lalu aduk sampai rata (adonan).

4. Panaskan minyak, lalu tuangkan adonan ke dalam wajan takoyaki.
5. Masukkan daging gurita dan bahan A yang telah dipotong.
6. Tuangkan adonan sekali lagi.
7. Bolak-balik bola-bola takoyaki hingga matang.
8. Lalu, sajikan dengan mayones dan saus uster (kecap Inggris di Jepang).

Mari makan selagi panas!
(Kalau ada, pake Katsuobushi juga enak!)

Pake sambal dan kecap juga enak...!?

Ngomong-ngomong…

Saat ngetwit tentang cara memasak takoyaki, saya menerima banyak balasan dari teman-teman. Menurut mereka, saat ini wajan takoyaki ternyata sudah bisa dibeli di Indonesia (walaupun saya kurang tahu tempat dan harganya). Lalu, satu lagi yang membuat saya terkejut adalah bahan takoyaki di Indonesia. Karena di Indonesia, daging gurita kurang populer dan agak sulit untuk didapat, maka cumi-cumi lebih sering digunakan sebagai bahan takoyaki (benar?). Selain itu, ada juga Takoyaki yang isinya kepiting, keju, sosis, ayam, tuna, sampai bakso! (benar-benar benar??)

Unik sekali, kayaknya takoyaki di Indonesia sudah mengalami perubahan besar sesuai dengan selera orang Indonesia. Saya pikir ini berarti takoyaki sedang dalam proses untuk diterima oleh masyarakat Indonesia (walaupun memang belum pasti apakah benar-benar diterima atau tidak). Kalau ada kesempatan ke Indonesia lagi, saya ingin mencoba takoyaki yang isinya bakso :D

Artikel Terkait:
Kumpulan Foto Festival di Jepang
Inilah Masakan Cowok Jepang! (2) – Atas Nama Cinta untuk Tahu Isi

11 komentar:

  1. Taka-san...
    ketika adonan dituang setelah bahan A ditaburkan terlihat wajannya penuh sekali, tapi ketika sudah dibalik dan jadi bulat terlihat rapi dan bersih... bagaimana bisa?
    Sugooiii.. ^^

    Oiya, memang di Indonesia sudah lumayan banyak penjual takoyaki. Jadi semakin kompetitif dan butuh inovasi. Salah satunya dengan menambah varian isinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe makasih ya komentarnya^^ Untuk membuat takoyaki yang bentuknya bulat, harus memasukkan banyak bahan ke dalam wajan takoyaki seperti foto-foto di atas:D Oiya kata seorang teman saya, di Indonesia ada takoyaki yang isinya coklat dan kacang. Menarik sekali, saya ingin mencicipi takoyaki itu hehehe.

      Hapus
  2. waaaaaaaaaahhh,,hontou ni arigatou taka-san,,akhirnya bikin posting tentang masakan jepang juga.senangnya \(^.^)/
    saya penggemar berat makanan jepang,,makanya penasaran pingin tau cara bikinnya,terutama takoyaki dan okonomiyaki.
    untuk makanan seperti takoyaki, sushi, dan juga ramen sudah sangat terkenal di Indonesia saat ini, cuma sayang harganya cukup mahal,jadi gak bisa sering-sering beli..hehe
    yang paling bikin saya penasaran itu cara bikin sausnya itu taka-san..saos takoyaki yang manis dan gurih itu, kalo bisa sekalian di infokan donk bagaimana cara bikinnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama-sama, selama ini saya mendapat banyak ide yang bagus dari komentar teman-teman. Kalau ada apa-apa, kapan saja silakan berkomentar di blog ini ya:D Oiya kalau saousnya, saya pikir kebanyakan orang Jepang hanya membeli di supermarket...^^;

      Hapus
  3. Halo kang Taka, masakan Indonesia bisa, masakan Jepang juga jago. Mantap Juragan(^^). Taka san selain takoyaki, masakan or makanan Jepang apa saja yang mudah cara buatnya, murah bahannya, dan ngak pake si idung bulet (alias mengandung babi).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya^^ Wah walau suka memasak, tapi saya masih pemula (banget!) hehehe. Iya baiklah, kalau ada kesempatan, saya akan mencoba memasak masakan Jepang lagi seperti sushi atau okonomiyaki:D

      Hapus
  4. Fiorentina Wiliyanti8 Februari 2013 00.29

    Wah keliatannya enak, sepertinya om taka ada insting masak-memasak ya. Kalo begitu aku kalah dong haha. Oya, salam kenal ya om, saya penggemar rahasia blogmu hehe soalnya menarik sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal juga, makasih ya sudah mampir^^ Oiya rahasia blog saya? Mungkin kalau ada, ya hanya seorang om-om Jepang Jepnag menulis blog ini saja hehehe:p

      Hapus
  5. Taka-san setahu saya si Takoyaki selain Gurita
    ada Keju Kepiting Ayam dan sapi tapi kalau yg sapi agak mahal mungkin harga nya kali ya
    oh ya waktu itu saya pernah beli Takoyaki awalnya luber(kepenuhan)
    tapi bisa rapih lagi itu dimasukin apakah benar di masukin juga ?
    oh ya takasan Saus/Saos nya yg enak selain Mayo apa lagi ya?
    Arigatou :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata pake daging ayam dan sapi juga ya, unik sekali. Oiya mungkin benar, cara memasak takoyaki memang begitu. Untuk saus, kami biasanya pake saus biasa, tapi di Jepang ada saus khusus buat takoyaki:D

      Hapus
  6. Membuat Resep Takoyaki tiba-tiba sukses Membuka Usaha Takoyaki dengan omset jutaan silahkan klik Mencoba Takoyaki Menjadi Peluang Usaha Sukses Salam Sukses. :)

    BalasHapus

Pengikut