Kamis, 22 Maret 2012

Lagu Mothra - Lagu Bahasa Indonesia Terpopuler di Jepang...!?


Apakah ada lagu berbahasa Indonesia yang terkenal di Jepang? Jawabannya tentu saja, Ya! Di Jepang pun, ada lagu hit yang dinyanyikan dalam bahasa Indonesia seperti lagu "Kokoro no Tomo" di Indonesia. “Mosura no Uta (Lagu Mothra)”, inilah judul lagunya.

Lagu Mothra dirilis pada tahun 1961 sebagai musik tema film “Mothra”, salah satu film fiksi sains yang merepresentasikan Jepang. Seperti yang ditunjukkan dalam foto dan video di atas, Mothra adalah monster fiktif, yang berbentuk ngengat* dan yang dianggap “dewa pelindung” bagi masyarakat di sebuah pulau kecil yang terletak di Lautan Teduh Selatan. Dalam film, Lagu Mothra digunakan sebagai ritual untuk memanggil Mothra.

*Kata Mothra sendiri, asal usulnya datang dari kedua kata bahasa Inggris “moth” dan “mother”, maka mempunyai arti “induk ngengat”.

Trailer Film Mothra pada tahun 1961

Lagu yang dinyanyikan oleh The Peanut, idola populer Jepang pada tahun 1960-an ini meledak di pasaran seiring dengan suksesnya film “Mothra”. Setelah suksesnya film perdana, berturut-turut dibuat film baru yang menampilkan Mothra (kebanyakannya sebagai lawan Godzilla). Sampai pada tahun 2003, jumlahnya mencapai 13 karya. Di dalam film-film tersebut, Lagu Mothra selalu dinyanyikan, sehingga sampai sekarang pun cukup dikenal oleh masyarakat Jepang, terutama oleh masyarakat yang berusia 30 tahun ke atas.

Lagu Mothra pada tahun 1961

Hanya mendengar sekali saja, mungkin agak sulit untuk menangkap apa yang dinyanyikan dalam lagunya. Karena, pelafalan bahasa Indonesia dalam lagu tersebut sedikit diubah sesuai dengan lidah orang Jepang. Lirik Lagu Mothra sebagai berikut:

Mothra Ya Mothra

Dengan kesaktian indukmu
Restuilah doa hamba-hambamu yang rendah
Bangunlah dan tunjukkanlah kesaktianmu

Ngomong-ngomong...

Setelah mulai belajar bahasa Indonesia, saya ada kesempatan untuk mendengar Lagu Mothra beberapa kali. Namun kalau boleh jujur, saya sama sekali tidak menyadari bahwa lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Indonesia sampai diberitahu oleh seorang teman. Menurut teman-teman, bagaimana kesannya? Apakah Lagu Mothra ini bisa dianggap sebagai lagu berbahasa Indonesia?

Sumber:
Foto: http://zukanda.jp/image/5351
Lirik Bahasa Indonesia: http://verba.ge.niigata-u.ac.jp/mado/language/08indonesian.html


Artikel Terkait:
“Kokoro No Tomo” di Metro TV – Acara TV Indonesia Pertama yang Memperkenalkan Jepang Apa Adanya
"Apa Itu Kokoro no Tomo?"– Orang Jepang Tak Kenal Lagu Kokoro no Tomo…!?

17 komentar:

  1. Karuni Sutengsu4 Juni 2012 14.03

    Saya kok gg tau Mothra yah,.
    saya saudaraan sama Godzilla jadi saya cmn kenal sama Godzilla ajh,.:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena lho sok tau tentang godzilla

      Hapus
  2. Karuni,
    Kabarnya, anak-anak di Jepang juga ternyata tidak banyak yang tahu tentang Mothra. Setiap mendengar cerita yang seperti itu, saya sadar umur saya. Iya memang aku udah om-om kayaknya hahahaha

    BalasHapus
  3. 「モスラの歌」YouTubeからリムーブさらたって?
    残念だな~
    聞きたかったのに>_<

    BalasHapus
  4. わっ、気がつかなかった。さっそく新しいリンクを貼りました。どうもありがとう:D

    BalasHapus
  5. saya sedang membuka blog taka san dan menemukan artikel ini
    ngomong ngomong,benar apa yang dikatakan Taka san lagu itu terdengar tidak seperti lagu Indonesia, karena cara pengucapan penyanyinya salah XD haha itu sangat lucu

    BalasHapus
  6. Bayu-kun,
    Iya tapi kalau kita lihat lirik lagu ini semuanya ditulis dalam bahasa Indonesia, sejujurnya aku juga bingung hehehe:p

    BalasHapus
  7. Taka-san, aku penasaran kenapa tema musik film Mothra ini menggunakan bahasa Indonesia? Apakah ada keterlibatan orang Indonesia atau mungkin ada unsur dari Indonesia di film ini?
    助けてください :D

    BalasHapus
  8. Limo,
    Hmm... setahu aku, film Mothra itu sama sekali tidak terkait dengan Indonesia kecuali lagu Mothra. Jadi, terus terang, aku juga bingung, kenapa lirik lagu tersebut dituils dalam bahasa Indonesia...

    BalasHapus
  9. saya pernah membaca di majalah anime. sutradara film itu ingin membuat lagu yang terdengar asing karena di ceritakan lagu itu seperti mantra untuk memanggil mothra. kemudian, salah satu kru film mempunyai kenalan seorang indonesia. jadi digunakan lah bahasa indonesia yang terdengar asing di jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah alasannya karena "ingin membuat lagu yang terdengar asing" ya ternyata. Menarik sekali, terima kasih atas informasinya:D

      Hapus
  10. @Dhatu ternyata alasannya karena itu ya, kalo pake bahasa sunda ato jawa gimana jadinya ya tuh :D
    @taka-san artikelnya bagus-bagus nih :)

    BalasHapus
  11. pantas saja kenapa saya selalu terharu setiap mendengar lagu mothra, setelah baca artikel ini saya jadi tahu penyebabnya, apalagi lirik baris ke-2 itu yang menjadi penyebab saya menjadi terharu.

    BalasHapus
  12. Denger lagunya malah serem yak.. Takut tiba2 si mothra hinggap di genteng rumah ahahahah

    BalasHapus
  13. Yang nyanyi siapa ya, lagunya seperti ritual. So scary XD

    BalasHapus
  14. Kokoro no tomo benarkah orang jepang gak ada yang tau lagu ini?? Trus kenapa di indonesia justru sangat terkenal????

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya itu bukan lagu utama , dalam satu album ,

      Hapus

Pengikut