Jumat, 14 Desember 2012

"Apa Itu Kokoro no Tomo?"– Orang Jepang Tak Kenal Lagu Kokoro no Tomo…!?




Siapa yang tak kenal lagu "Kokoro no Tomo" di Indonesia? Lagu yang dinyanyikan oleh Mayumi Itsuwa sejak tahun 1982 ini hingga sekarang tetap digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian dari mereka ada yang menghafal lirik lagu tersebut meskipun sama sekali tidak belajar bahasa Jepang. Kokoro no Tomo dapat dikatakan salah satu lagu dalam bahasa Jepang yang terpopuler di Indonesia.

Orang Jepang yang Tidak Tahu Kokoro no Tomo...?

Saat berada di Indonesia, saya sendiri pernah beberapa kali ditanya: "Saya suka sekali lagu Kokoro no Tomo, sebenarnya apa arti judulnya?". Tampaknya mereka yakin bahwa saya yang orang Jepang pasti mengenal Kokoro no Tomo. Namun kalau boleh jujur, saya sama sekali tidak tahu tentang lagu tersebut sebelum datang ke Indonesia.  "Apa itu Kokoro no Tomo?" jawab saya ketika ditanya mengenai lagu tersebut untuk pertama kali di Indonesia.

Pengertian saya terhadap Kokoro no Tomo di atas mungkin tidak jauh berbeda dengan orang-orang Jepang yang lain. Sebenarnya di Jepang, Kokoro no Tomo bukanlah lagu yang sepopuler di Indonesia. Meskipun Mayumi Itsuwa adalah penyanyi yang sangat populer pada tahun 1980-an, tetapi orang-orang Jepang yang sekarang (terutama generasi muda), seperti saya yang di atas, sama sekali tidak tahu tentang Kokoro no Tomo kecuali penggemar Mayumi Istuwa.

Mengapa tidak populer? Karena Kokoro no Tomo tidak dipromosikan melalui media massa sebagai lagu single*. Lagu yang hanya dimasukkan di dalam album "Shiosai (Nyanyian Ombak)" pada 1982 itu jarang memiliki kesempatan untuk disiarkan di radio atau TV. Hingga akhirnya, Kokoro no Tomo menjadi lagu yang hanya dikenal oleh para penggemar Mayumi Itsuwa yang membeli album atau mengikuti konsernya.

*Di Jepang, lagu-lagu single biasanya dianggap lebih penting karena beberapa lagu singel dirilis terlebih dahulu, dan setelah itu, album yang berisi lagu-lagu singel tersebut baru dibuat.

Kokoro no Tomo dan Indonesia

Lagu Kokoro no Tomo yang tidak begitu dikenal di Jepang ternyata menjadi hit besar di Indonesia. Mayumi Itsuwa yang merupakan penyanyi Kokoro no Tomo sendiri merasa agak bingung dan terkejut dengan kepopuleran lagu tersebut di Indonesia. Dalam sebuah wawancara, dia menjelaskan sebagai berikut:

--Apakah Anda pernah berkunjung ke Indonesia?
"Ya, saya pernah pergi ke Indonesia untuk melakukan konser setelah anak pertama saya dilahirkan*. Ternyata saya sudah menjadi terkenal tanpa pernah mengadakan pertunjukan apa pun di sana. Itu karena lagu Kokorono tomo"

*Dia melakukan konser tunggal di Jakarta pada tahun 1986.

--Katanya, anak-anak di sana menunjuk-nunjuk Anda dan berkata sesuatu…?
"Saat saya jalan-jalan di sekitar kota, orang-orang bilang Kokorono tomo. Lalu, orang-orang di bandara juga bilang hal yang sama (ketawa). Saya hanya menyanyikan lagu tesebut dalam bahasa Jepang, jadi entah mengapa Kokoro no Tomo begitu populer di sana."

Namun dalam wawancara yang sama, dia mencoba menjelaskan kepopuleran lagu tersebut di Indonesia. “… lagu dalam bahasa Jepang diterima karena orang-orang mengerti perasaan dan emosi yang sesungguhnya yang diekspresikan di dalam lagu, terlepas dari liriknya”. Inilah salah satu kebanggaan sebagai penyanyi!

Lagu Kenangan bagi Mayumi Itsuwa

Terkait dengan ini, ada sebuah cerita yang menarik. Seperti yang ditulis di atas, Kokoro no Tomo bukan merupakan lagu single (lagu yang dipromosikan melalui media massa). Namun, Mayumi Istuwa membawakan Kokoro no Tomo di Kouhaku Uta Gassen pada tahun 1987 setelah lagu tersebut menjadi hit di Indonesia

Kouhaku Uta Gassen (Pertempuran Lagu Merah Putih), yang sering disingkat menjadi Kouhaku, adalah acara musik di televisi yang disiarkan setahun sekali pada malam tahun baru, 31 Desember di Jepang. Bagi para artis musik di Jepang, tampil pada acara nasional yang diselenggarakan sejak tahun 1951 ini dianggap paling bergengsi sebagai penyanyi.

Kouhaku berarti "merah putih" dalam bahasa Jepang. Di Jepang, istilah “merah putih” terkadang digunakan untuk membagi dua tim saat pertandingan. Mengenai acara ini, nama Kouhaku digunakan karena artis musik yang tampil dibagi menjadi dua tim berdasarkan jenis kelamin, yaitu tim merah (tim wanita) dan tim putih (tim pria).

Kouhaku adalah salah satu acara musik yang paling bergensi bagi penyanyi yang waktu itu. Di acara Kouhaku pada 1987, mengapa dia membawakan Kokoro no Tomo yang dirilis pada 1982 dan tidak dikenal sama sekali di Jepang (lagu-lagu hit terbaru biasanya dibawakan di acara ini)?. Memang tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini, tetapi sepertinya dia merasa bangga juga sebagai seorang penyanyi, bahwa lagu Kokoro no Tomo diterima oleh masyarakat Indonesia. Bukankah itu untuk mengucapkan terima kasih kepada orang-orang di Indonesia yang menyukai lagu ini?

Sumber:
Wawancara dengan Mayumi Itsuwa
http://www.itsuwamayumi.com/english/interview/interview4.htm (situs resmi)

Artikel Terkait:
“Kokoro No Tomo” di Metro TV – Acara TV Indonesia Pertama yang Memperkenalkan Jepang Apa Adanya
Lagu Mothra - Lagu Bahasa Indonesia Terpopuler di Jepang...!?

Ngomong-ngomong...

Beberapa tahun yang lalu, saya belajar di Indonesia selama setahun. Waktu itu, seingat saya, masih ada banyak orang Indonesai yang tahu tentang lagu Kokoro no Tomo. Namun selama beberapa tahun setelah saya pulang ke Jepang, tampaknya Indonesia sudah banyak berubah, termasuk selera musik anak-anak muda (setidaknya, di mata saya). Apakah lagu yang melodinya seperti Kokoro no Tomo masih bisa diterima? Kalau ada kesempatan, saya  ingin pergi ke Indonesia dan memastikan hal tersebut:D

74 komentar:

  1. bner bgt,lagu ini populer, rata2 orang tua tahu lagu ini, di perpisahan sekolahku juga sering lagu ini dinyanyikan. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata dinyanyikan di perpisahan sekolah juga ya. Saya baru tahu hal itu, makasih infonya:D

      Hapus
  2. Konnichiwa Taka.. Ogenki desuka ? ..
    saya seneng banget sama lagu-lagunya Judy & Mary , L'arc en ciel , Do As Infinity , Yui , Ikimonogakari , Scandal , dan AKB48 ..
    Tapi lagu Jepang pertama yang saya dengar(waktu masih kecil) ya ini "Kokoro no Tomo" Mayumi Itsuwa ..sama Kiroro "Mirae" (boleh di bilang ke dua lagu ini yang bikin saya tertarik sama musik Jepang)..
    Sampe sekarang pun ke dua lagu ini masih sering saya dengar dinyanyiin orang ketika ke tempat Karoke .. bahkan anak muda sekarng banyak yang me'ngaransement ulang ke dua lagu ini ke varsi yang modern ketika mengikuti kontes festival musik di sini ..
    *Oh ia sukses terus buat musi-musik Jepang* ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Marss, makasih komentarnya^^ Iya saya pikir musik jepang sampai sekarang cukup diterima di kalangan tertentu di Indonesia:D Ngomong-ngomong, maksud saya di atas, terlepas dari kepopuleran musik Jepang, apakah lagu yang melodinya seperti lagu Kokoro no tomo masih bisa diterima di kalangan anak muda di Indonesia, begitu ya:D

      Hapus
    2. Tentu karna beberapa kalangan pecinta musik indonesia cukup beragam dan jg suka lagu-lagu melankolis dan agak romantis di sertai alunan yang mendayu-dayu.
      Seperti kokoro nomo
      "Rasanya gimana gitu" hehehe..
      Oia saya penggemar lagu kokoro nomo juga loh...

      (Salam kenal)

      Hapus
  3. Oh ternyata begitu. keren jg yah ^^

    BalasHapus
  4. Ya, Kokoro no Tomo memang sangat terkenal di Indonesia, terutama di kalangan orang tua.
    Meski begitu, Kokoro no Tomo tetap dikenal oleh anak2 muda, karena kokoro no tomo adalah lagu yang sudah menjadi legenda di Indonesia.

    Bagi mereka yang awam soal Jepang pun, seharusnya tau lagu kokoro no tomo.
    =D

    thanks taka, artikelnya sangat menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Fafa, makasih kometarnya^^ Wah ternyata begitu ya, saya senang sekali kalau lagu Kokoro no Tomo masih bisa diterima di kalangan anak muda di Indonesia. Mungkin ada banyak orang Indonesia yang mulai tertarik dengan Jepang melalu lagu tersebut. Lagu Kokoro no Tomo bisa dibilang merupakan salah satu "pintu masuk" untuk mengenal Jepang bagi orang-orang di Indonesia:D

      Hapus
  5. jujur pertama saya suka lagu jepang ya lagu ini . Lagu ini slalu spesial di telinga saya :) tapi saya tdk tau artinya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo terima kasih atas komentarnya^^ Wah lagi-lagi ada penggemar lagu Kokorono no Tomo, saya senang sekali. Oiya, arti judul lagunya adalah "teman hati":D

      Hapus
  6. Betul, lagu yang populer. lagu ini lagu wajib saat ujian praktek di sekolah saya, dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Kokoro no Tomo ternyata pernah dinyanyikan di ujian sekolah ya. Menarik sekali, masasih infonya:D

      Hapus
  7. denger lagu kokoro no tomo di radio, sumpah ini lagu pas waktu aku jaman SD sering banget diputar (apalagi tengah malam, frekuensi ni lagu makin banyak muncul) sampe mikir ini lagu di Jepang, populer abis ya (eh ternyata malah kebalikannya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi Kokoro no Tomo menjadi hit karena sering diputar di radio ya mungkin. Terlepas dari kepopuleran lagu itu di Jepang, saya senang sekali kalau masih ada menyukai lagu itu di Indonesia:D

      Hapus
  8. Saya tau lagu kokoro no tomo sejak dari SD,tapi malah kurang tau siapa penyanyinya :P
    oh iya, terimakasih buat info tentang kouhaku :D
    saya penggemar arashi dan kurang paham tentang acara kouhaku (saya streaming acara kouhaku hanya karena arashi tampil di acara tersebut),tp setelah baca postingan dari mas taka saya jadi dapat pengetahuan baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata nama penyanyi kokoro no tomo tidak populer ya padahal musiknya sudah dikenal luas di Indonesia hehehe. Oiya saya senang sekali kalau tulisan saya dapat membantu bagi pembaca yang tertarik dengan Jepang:D

      Hapus
  9. paman saya tau lagu ini tapi tidak tau penyanyinya siapa, rasanya para anak muda di indonesia juga tinggal sedikit yg mengetahui lagu ini

    sekarang yg lagi mainstream itu lagu2 dari JKT48 ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya sendiri pikir mungkin melodi lagu kokoro no tomo agak kurang pas dengan selera musik anak muda di Indonesia sekarang. Tapi tentu saja bukan berarti dunia ini terdiri dari hanya anak-anak muda saja. Saya senang kalau ada yang menyukai lagu kokoro no tomo di Indonesia:D

      Hapus
  10. lho saya malah baru tau lagu ini belum lama dr salah satu acara di tv, langsung aja saya suka dan coba cari judul lagunya sampe buka wikipedia tentang kokoro no tomo.
    menurut saya lagu dengan nada seperti ini masih disukai generasi muda di indonesia klo mereka mendengarnya langsung... (^^) karna tiap dikampus saya sendiri selalu putar lagu ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senang sekali kalau lagu Kokoro no Tomo masih bisa diterima oleh anak-anak muda di Indonesia^^ Terima kasih atas info yang menariknya:D

      Hapus
  11. anak muda Indonesia sekarang lagi kena demam barat Taka-san, lagu-lagu beraliran keras kayak metal yg lagi trend di Indonesia (u,u)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lagu metal! Iya mungkin orang yang suka lagu-lagu beraliran keras tidak begitu tertarik dengan lagu yang melodinya seperti lagu kokoro no tomo ya...^^;

      Hapus
  12. Hai taka ('▿^)♉
    Ya kokoro no tomo ini sangat populer di ditelinga orang indonesia, saking populernya ada grup band yg bernama Zivillia menyanyikan lagu ini dgn bahasa campuran jepang-indonesia dalam lyriknya,,,nanti aku kirim linknya ya biar taka tau ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe saya senang kalau Kokoro no Tomo masih populer di Indonesia. Oiya saya juga pernah dengar Kokoro no Tomo yang dinyanyikan oleh Zivillia itu. Kalau tidak salah, mereka nyanyi lagu yang judulnya "aishiteru" juga ya mungkin:D

      Hapus
  13. hai Taka, salam kenal
    lagu kokoro no tomo sering sekali didengarkan oleh bapak saya..
    baru tahu saya sekarang arti kokoro no tomo, (teman hati),
    tomo = teman dari kata tomodachi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Nico, salam kenal juga^^ Wah bapak Nico suka lagu Kokoro no Tomo ya, asyik! Oiya betul sekali, kata "tomo" itu dari "tomodachi" yang berarti "teman" dalam bahasa Jepang:D

      Hapus
  14. nenek dan ibuku sangat suka lagu kokoro no tomo ini. bagi kebanyakan orang yg tidak mengikuti lagu-lagu jepang, kokoro no tomo ini terkadang menjadi satu2nya lagu jepang yg mereka tahu.
    waktu aku mengikuti upacara kelulusan SMA pun, sekolah memberikan 1 kertas berisi lirik lagu untuk dinyanyikan bersama-sama, ada lagu bunda dari melly goeslaw, lagu nasional, dan satu lagi.. ya lagu kokoro no tomo ini. karena menyanyikannya bersama-sama dengan wali murid dalam 1 ruangan besar, mataku jadi berkaca-kaca pada saat itu hahahahaa. benar-benar lagu yang membawa banyak kenangan. terima kasih banyak atas ulasan mengenai lagu kokoro no tomo ini ya Taka.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah akhirnya nenek juga hehehe. Iya saya senang sekali kalau lagu kokoro no tomo menjadi "pintu masuk" untuk mengenal Jepang bagi sebanyak munkin orang Indonesia:D Ngomong-nomong, kayaknya kokoro no tomo kadang-kadang digunakan sebagai lagu ucapara kelulusan di sekolah ya. Dalam komentar di atas juga, ada teman yang bilang yang sama. Menarik sekali, makasih infonya ya!:D

      Hapus
  15. Cintamu terbayang selalu...... Hingga waktu tidur ku, saat kau menyebut namaku kamu memanggilku "sayang"........ketika cinta semakin dalam, segalanya pun berubah, kenangan indah tak terlupakan menjadikan suatu bertanda, kau buka pintu hatiku,dalam kesepianku kau beri sentuhan tulus cinta darimu hapus air mataku.....cintamu terbayang selalu.....semua perjalanan yang panjang....saat kau menyebut namaku, kau memanggilku sayang....

    BalasHapus
  16. wah baru tau kalo ternyata kayak gitu :D
    pantes ibuku dulu pernah ngotot mintak donlodin lagu itu, ternyata lagu itu populer toh (--,)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin lagu Kokoro no Tomo cukup populer bagi generasi ibu-ibu di Indonesia:D

      Hapus
  17. Kokoro no tomo masih populer kok, tidak cuma kalangan tua, anak2 muda juga masih mengenal lagu ini. Bahkan salah satu SMA negeri di Samarinda (saya asal kalimantan timur) yg memiliki jurusan bahasa, mereka mengadakan kontes menyanyi, dan lagu Kokoro no tomo adalah lagu wajibnya.
    Lagu ini memang easy-listening.
    Dan saya juga masih menyimpannya di laptop dan handphone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau begitu, lagu Kokoro no Tomo sampai sekarang masih dikenal oleh anak-anak muda ya (bahkan digunakan sebagai lagu wajib kontes menyanyi di SMA). Senang sekali, makasih info yang menariknya:D

      Hapus
  18. Saya mengetahui lagu Kokoro no Tomo dari TK sampai sekarang sudah kuliah masih suka mendengarkannya (Berharap Ibunda Mayumi Itsuwa datang lagi ke Indonesia), ... Duh artikelnya sangat menarik...

    Kalau tidak salah tahun 2006 ada duet Mayumi Itsuwa & Delon (Indonesia) - Kokoro No Tomo, ada bahasa Indonesianya juga, saya sangat menyukai duet keduanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah hebat sejak TK sudah tahu lagu Kokoro no Tomo ya. Senang sekali ada banyak teman-teman Indonesia yang mengenal lagu ini.

      Oiya saya juga pernah dengar versi Mayumi Itsuwa dan Delon itu. Saya pikir suara Delon sangat bagus:D

      Hapus
  19. Saya pertama kali denger lagu ini pas SD... bahkan sampai ada di buku pelajaran Seni Budaya SMP... lagunya slow tapi enak banget :)

    BalasHapus
  20. Taka San aku kenal lagu ini karena ayahku sering menyanyikannya bersama lagu Amayadori, kenangan itu dan film tentang seorang guru di jepang yang membuat saya jadi sangat tertarik dengan jepang, dan kalau Tuhan mengijinkan setelah selesai S1 saya bermaksud melanjutkan S2 di Jepang untuk jurusan Arsitektur

    BalasHapus
  21. saya tau lagu ini tahun 1991 sejak jaman sd,,, pokoe lagu Kokoro no Tomo dan sebagian lagu iklim msh ke save di memory otak ku deh :D

    BalasHapus
  22. Waduh , di atas komentar-komentar itu. Banyak sekali orang udah tau lagu kokoro no tomo ya? X_X

    Aku saja belum tahu soal lagu ini.

    Bisa dibilang , komik yang lebih banyak dikenal oleh generasi muda indonesia (gak ada hubungannya dengan lagu -_-)
    Seperti Naruto,detective conan,dan lain-lainnya

    Jujur saja baru tau kalau ternyata lagu ini malah pernah sanggat populer diseluruh indonesia.

    Tapi jadi tertarik mencari lagunya kokoro no tomo :) :p.


    Halo , salam kenal yaa (bungkuk badan)m(_ _)m (atau sekaligus jabatt jabat tangan aja hehe):D

    BalasHapus
  23. lagu ini besok pagi dijadikan lagu untuk ujian praktek teman saya.
    nice song. :D

    BalasHapus
  24. Rengga Permana2 Oktober 2013 21.09

    Wah... baru tau juga tentang ini. Saya tau tentang lagu-lagu Mayumi Itsuwa karena orang tua saya punya 2 kaset (iya.. kaset haha,,,) yang berisi 2 album Mayumi Itsuwa. Jadi dari kecil (saya lahir tahun 1984), saya sudah sering dengar lagunya Mayumi Itsuwa, seperti Kokorono Tomo & Amayadori. Dan sampai sekarang saya sendiri juga suka lagu-lagu dari beberapa penyanyi Jepang meskipun gak ngerti arti liriknya haha...
    Mayumi Itsuwa tetap suka (ada koleksi MP3nya), sekarang nambah suka sama lagu-lagunya Judy and Mary, Sukimaswitch, Laruku, SCANDAL, dll. Dan selalu ada di playlist hihihi...

    Dan kebetulan banget saya pernah punya atasan yang kalau disuruh nyanyi pasti nyanyi lagu Kokorono Tomo. Jadinya... ada teman buat berduet :P

    BalasHapus
  25. Duh .. saya sering sekali dengan lagu Kokoro No Tomo itu. Suka saja tapi entahlah saya tak mengerti apa maksudnya karena saya tak bisa bahasa Jepang. Saya suka sekali berbagai hal tentang Jepang, nanti saya ingin banyak bertanya .. terima kasih

    BalasHapus
  26. Taka-san di Indonesia memang lagu ini sangat terkenal, hampir setiap generasi kenal dengan lagu ini. tp kalau sekarang sepertinya mulai berubah. untuk yang kelahiran 80 an pasti masih tau lagu ini, bahkan saya pun masih suka dengan lagu Kokorono no Tomo.

    Tapi sebelum saya mendengar lagu ini saat kecil, kakek sama nenek saya suka memasang lagunya Kyu sakamoto yang Sukiyaki, lagu itu sampai sekarang masih saya ingat :D

    BalasHapus
  27. bos saya yg orang Jepang ga tau lagu ini dan kaget waktu tau di Indonesia sangat terkenal :D

    BalasHapus
  28. Ya, begitu populer memang lagu ini merasuki telinga orang-orang Indonesia. Terutama pada generasi 90-an. Karena masuknya lagu ini tahun segitu ya, aku waktu itu sih masih seusia anak SD. Hahaha.

    BalasHapus
  29. Sejak saya kecil, saya sudah dengar lagu ini.

    BalasHapus
  30. saya juga bingung kenapa lagu ini bisa terkenal di indonesia, dan kenapa cuma lagu ini yang paling terkenal sementara yang lainnya tidak. padahal banyak lagu jepang yang lebih bagus..
    ini seperti lagu yang bisa diterima oleh siapa saja di indonesia. siapa yang ngederin lagu ini pasti suka..

    BalasHapus
  31. Awal saya menyukai jepang dari anime Dragon ball Z dan lagu2 anime jepang, pertama kali mendengar lagu kokoro no tomo dari kakak saya yg memutarnya trus langsung suka sama lagu ini dan saat itu sy sering memutarnya, sekali mendengar lagu ini hidup terasa tenang. Sampai sekarang lagu kokoro no tomo masih tetap di sukai oleh anak2 muda indonesia, tetangga saya pernah memutarnya sampai volumenya keras ^_^

    BalasHapus
  32. Kokoro no tomo ini lagu pas pertama kali aku belajar gitar jaman SD hihihihihi ^^
    Sekarang lagu ini jadi ost nya acara Kokoro No Tomo-Metro TV, tp udah di aransemen. Lagunya gak ngebosenin sih, enak di kuping

    BalasHapus
  33. HALO .....!?
    I LIKE OSHIN TV SERIES. THE MOST VIEWED TVRI DRAMA SEEN ON TV WHEN I WAS LITTLE. I LIKE KOKORONOTOMO SONG TOO...

    BalasHapus
  34. what's the meaning of Amayadori song?

    BalasHapus
  35. Hey,..i've got it! I've found the meaning after surfing!
    Thanks, TOMO!!
    Good luck, Banzaaii!

    BalasHapus
  36. Waah ... mana ni om Taka, sudah 1 tahun lho, belum jawab surat temen-temen.

    Salam,
    Bambang

    BalasHapus
  37. Om taka, lagu dengan melodi seperti ini masih diterima di kalangan anak muda indonesia kok. Terlebih kalau hati seseorang sedang melow, suguhkan lagu ini. Dijamin langsung jatuh hati

    BalasHapus
  38. kokoro no tomo?? Hmmm... pernah dengar namanya tapi belum pernah dengar langsung lagunya. Sekarang ini anak-anak muda sedang demam musik EDM. hehehe

    Oh iy, kalau belum tau EDM, EDM itu singkatan Electronic Dance Music. Semacam musik klub gitu. hehehe :p

    BalasHapus
  39. iya, lagu ini populer. Saya pertama kali mendengarnya di radio sewaktu kecil. Orang tua saya memberitahu kalau lagu ini dulu sangat terkenal. Lagu ini juga pernah menjadi salah satu ujian kesenian musik disekolah saya dulu.
    Lagu-lagu dengan nada seperti itu di indonesia sepertinya masih banyak penikmatnya.

    BalasHapus
  40. Ribaibaru dan kokoro no toma salah satu lagu yg romantic dan menyentyuh kalbu..layan...

    BalasHapus
  41. Ribaibaru dan kokoro no toma salah satu lagu yg romantic dan menyentyuh kalbu..layan...

    BalasHapus
  42. semua orang tahu lagu ini sampai-sampai setiap tahun untuk kelas 9 saat pelajaran nyanyi mancanegara lagu ini wajib dinyanyikan

    BalasHapus
  43. Aku baru baca artikel ini sekarang karena ada tugas dari guru untuk nyanyikan nih lagu. Aku tahu lagu ini dari Mama (padahal dia gak terlalu tertarik sama Jepang :v ), tapi, dia tahu lagu ini bahkan hafal. Kalau aku, sih, lebih suka lagu-lagu Jepang yang pop/rock. Kayak EGOIST atau ONE OK ROCK. Atau penyanyi solo seperti Yasuda Rei. Dan juga para anggota vocaloid terutama Megurine Luka! ><
    Tapi, yang selalu ada di hatiku itu adalah Kalafina, my favorite :3
    Oya, nih jawaban untuk pertanyaan Taka-san:
    Masih banyak generasi muda yang menyukai irama musik seperti lagu "Kokoro no Tomo", bahkan di sekolahku, kami diajarkan untuk mendengar musik berirama lembut dan belajar untuk menikmati serta mengapresiasinya.Dan contoh lagu yang masih dinikmati oleh teman-temanku "Himawari no Yakusoku". Lagu itu sering diputar di radio sekolah bahkan banyak yang ikut naynyi dan yang membuatku amazed itu adlaah, mereka hafal semua liriknya, dan ada yang ngambil nilai musik dengan lagu itu sambil main gitar.
    That's the answer ;)
    Ooops, I guess my reply is already too long. Gomen ne ^^7
    Well, that's it for my reply.
    Nice article *thumbs up*

    BalasHapus
  44. Mungkin saat ini tidak terlalu banyak anak muda yg mengetahui lagu Kokoro no Tomo. But I know it from my father. I am 19 and I love listening this song. Walaupun tdk terlalu memahami liriknya tp aku sangat menikmati lagu ini. Really nice song! 😊

    BalasHapus
  45. saya sangat senang dengan lagu ini.! saat perjalan saya prgi ke tempat pkl sya guru pembimbing sy memutar lagu ini.
    yg saya tw lagu ini itu lagu dari zivilia trnyata penyanyi asli.y mayumi
    kalau music jepang yg sy tau ada beberapa kbnyakan juga taunya dari anime japan kayak ikimonogakari- sakura ost dari 5cm per second

    BalasHapus
  46. Saya seorang ibu yg sangat..sangat suka lagu Kokoro no tomo (Mayumi Itsuwa). Kebetulan anak saya sedang aktif belajar bahasa jepang. Lalu saya bilang tentang lagu ini. Langsung...anak saya searching. Dan apa yg terjadi? Anak saya jatuh cinta sama lagu ini. Dia mendengarkan berkali2. Dan pagi ini..anak saya sudah lancar menyanyikannya...tanpa melihat lyric! Thanks Mayumi Itsuwa...we love you...

    BalasHapus
  47. Hallo Taka san, gengkideska, saya adalah yg hafal dan sangat senang dengan 2 lagu dari Itsuwa Mayumi KOKORONOTOMO(daci), dan AMAYADORI, serta tentunya lagu lama dari Qyu Sakamoto, Uwe Omuite Haruko, nami daga kobore,........... Hitori bochi noyoru,... .... Pada sekitar tahun 87an umur sy masih terhitung muda 34 thn dan sangat senang dengan lagu ini, bahkan hampir tiap hari sy putar dimana saja, bahkan sampai sekarang disetiap ada kesempatan sy tetap menyanyikannya dengan di iringi keyboard atau gitar, sekarang sy sdh 62 thn, namun lagu ini tetap di kepala saya, mdh2an walau tdk populer di jepang namun kita orang2 indonesia tetap menganggap lagu ini sebagai lagu persahabatan Indo -Jepang, sesuai dengan judul lagunya KOKORONO TOMO, (Hati seorang sahabat),. Domo Arigato..

    BalasHapus
  48. こんにちはたか さん!わたしはフィトリです.わたしは こころのとも’うた が だいすき.よろしく おねがいしたします.たかさんはiwan falsのファンですか?

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum. Salam kenal Mas Taka. Barusan saya nyari tentang Sakura dan keluar lagu Kokoro no moto. Seperti tidak asing dan nadanya seolah olah seolah olah terdengar.Dan baru tahu artinya. Terima kasih. :-)
    Kokoro no moto memang lagu Jepang yang sangat familiar.

    BalasHapus
  50. Salam kenal dari Indonesia. Bahasa Indonesia Taka lancar sekali.

    BalasHapus
  51. saya suka saya suka lagu kokoro no moto (mayumi itsuwa)& may kiroro mirae ... bgus bgt suara dan musik nya enak di dengar
    ternyata di jepang banyak penyanyi terbaik

    BalasHapus
  52. Nostalgia, sejujurnya saya baru tau siapa yang nyanyinya, hehehe. mungkin ada lagi selain Mayumi Itsuwa, Koji Tamaki. Lagunya bagus bgt, mulai mengikuti abis nonton dorama Tokyo Bandwagon. judul lagunya "Searchlight" recomended (y)

    BalasHapus
  53. sya suka lagunya mas taka, baik itu aliran rock, metal n melo yg pnting pas d hati bwt d dngerin tpi gk suka sma lagu sprti boy n girl band, lagu melo sperti kokorono tomo enknya d dngerin ktika mw tidur lgsung ngntuk d bwtnya,, aplgi d dngrin pas tngah mlam lagunya mnyntuh,, ayo mas taka kluarin lgi lagun sprti kokorono tomo,,

    BalasHapus
  54. Kokorono tomo, amayadori, masuk lg kenangan abadi...
    Btw band kemuri apakah msh eksis...?

    BalasHapus

Pengikut